Tentang Kami

  • Sejarah singkat

Sejak tahun 1985, umat Paroki Cimahi mempunyai harapan dan cita-cita ingin memiliki SMA Katolik di kota Cimahi. Sebelumnya, hanya ada SMP, yaitu SMP Santo Mikael, setiap tahun lulusannya melanjutkan pendidikannya ke luar kota Cimahi atau SMA Negeri.

Pengurus Dewan Paroki Santo Ignasius mengajukan permohonan berupa usulan kepada Pastor Paroki, saat itu adalah Pst. Y.Corstejen,OSC, supaya mendirikan SMA Katolik di Cimahi. Usulan tersebut mendapat tanggapan positif dari Ketua Yayasan Salib Suci yang selanjutnya ditindaklanjuti oleh Dewan Paroki. Kemudian Dewan Paroki membentuk panitia kecil, terdiri dari Pst. Y.Corstejen, Bapak Nikodemus Sanger, Bapak F.B. Kasnadi, Bapak Ign.Sugiran, dan Bapak Teddy Ridwan. (Narasumber : Nikodemus Sanger).

Melalui usaha dan kerja keras panitia kecil tersebut, SMA Katolik yang diharapkan akhirnya dapat terwujud, seiring dengan diterbitkannya surat Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat no. 672/102/E 87 tertanggal 5 Oktober 1987 yang berisi  tentang pemberian izin kepada Yayasan Yatim Piatu, Panti Jompo, dan Pendidikan Priangan untuk mendirikan SMA PRIANGAN yang mulai beroperasi pada tahun ajaran 1987/1988.

Tanggal 15 Juni 1991 dibuatlah Surat Pernyataan bersama antara Ketua Yayasan Priangan, Nyonya Sonny Monan, dengan Pst. Anton Rutten,OSC, selaku Ketua Yayasan Salib Suci, dan sebagai Saksi Pst. A. Sudarno,OSC., Frans Wiryanto, Letkol. Drs. NAS Ginting, dan F.X. Agung Setiawan. Pernyataan bersama tersebut berisi “Penyerahan Alih Kelola Sekolah SMP/SMA” kepada Yayasan Salib Suci yang meliputi penyerahan tanah, hibah gedung, dan aula beserta isinya.

Pada tanggal 12 Agustus 1991 ditandatangani perjanjian hibah dan serah terima aset di depan notaris B.M. Sri Sugiarti Hartojo, pihak Yayasan Salib Suci diwakili Pst. Sudarno,OSC. Akta diserahkan kepada Bapak Frans Wiryanto Yomo selaku Sekretaris Yayasan Salib Suci. Peristiwa ini merupakan peristiwa yang bersejarah karena merupakan tonggak kelahiran SMA Santa
Maria 3 yang secara resmi SMA Priangan diubah namanya menjadi SMA Santa Maria 3 Cimahi.

Pada tanggal 9 Desember 1992 diterbitkan surat pengukuhan nama SMA SANTA MARIA 3 CIMAHI melalui Surat Keputusan nomor 125/102/07/R.92

  • Akreditasi
  1. Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah No. 525/C/Kep/I/1993 ditetapkan status DIAKUI dengan sertifikat akreditasi  nomor B 1095 (U) tertanggal 17 Januari 1994.
  2. Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah No. 273/C.C7/Kep/MN/1999 ditetapkan status DISAMAKAN dengan sertifikat akreditasi nomor A.02.1537 (U) tertanggal 27 September 1994.
  3. Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Sekolah Provinsi Jawa Barat nomor 420/599/Dikmenti/2005-Prov 02/Ma.086 tanggal 16 Februari 2005 ditetapkan peringkat Akreditasi B, dengan sertifikat akreditasi nomor : Ma 000252.
  4. Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP-S/M) Provinsi Jawa Barat nomor 000/440/BAP-SM/XI/2008 tanggal 25 November 2008 ditetapkan peringkat Akreditasi A, dengan sertifikat akreditasi nomor : Ma. 001244.
  5. Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP-S/M) Provinsi Jawa Barat nomor 00/345/BAP-SM/XII/2013 tanggal 21 Desember 2013 ditetapkan peringkat Akreditasi A, dengan sertifikat akreditasi nomor : Ma. 017331.
  6. Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP-S/M) Provinsi Jawa Barat nomor 00/203/SK BAN-SM/XII/2018 tanggal 04 Desember 2018 ditetapkan peringkat Akreditasi A ( UNGGUL) dengan sertifikat akreditasi nomor :32.19.07485
  • Perkembangan Jumlah siswa dari waktu ke waktu

Pada awal mula bergabung, SMA Santa Maria 3 hanya memiliki siswa sebanyak 81 orang dengan formasi Kelas X = 1 rombel, Kelas XI = 2 rombel dan Kelas XII = 2 rombel. Seiring berjalannya waktu, sekolah mengalami perkembangan yang baik sehingga pada Tahun Ajaran 2016-2017 memiliki 15 Kelas dengan rincian Kelas X = 5 rombel, kelas XI = 5 rombel (dua IPA dan tiga IPS) dan untuk kelas XII = 5 rombel (dua IPA dan tiga IPS). Jumlah siswa per Juli 2020 adalah 495 siswa dan diasuh oleh 32 orang guru yang berpengalaman.

  •  Peluang Sekolah

Berbicara peluang sekolah untuk berkembang, jelas sangat besar kesempatan itu. Sebagai sekolah Katolik satu satunya di Kota Cimahi, SMA  Santa Maria 3 memiliki potensi yang sangat besar ditambah lagi sekolah memiliki beragam kegiatan yang yang dapat membekali dan mempersiapkan siswa siswi untuk menghadapi masa yang akan datang diantaranya :

  1. OSIS

OSIS merupakan organisasi resmi yang ada disekolah, dan menjadi wadah untuk meyalurkan bakat dan minat siswa dalam berorganisasi. Para siswa yang ikut gabung menjadi pengurus OSIS akan dibekali ilmu berorganisasi dan didampingi melalui berbagai kegiatan seperti  LDK maupun event yang dikelola OSIS.

  1. Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler merupakan kegiatan untuk menyalurkan bakat dan minat siswa sesuai dengan talenta yang dimiliki. Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah meliputi Bola Basket, Futsal, Paduan Suara, PMR, Paskibra, Pramuka, Modern Dance, Science Club, Komputer, Accounting Club, Panahan,  Fotografi, Bela diri, Kungfu, musik keroncong, degung.

  1. Live in

Live in merupakan kegiatan bagi siswa kelas XI yang bertujuan untuk menghargai dan mengetahui makna kehidupan yang dilakukan dengan cara tinggal dirumah-rumah penduduk (orangtua asuh) dan mengikuti seluruh kegiatan yang dilakukan oleh keluarga yang mereka tempati serta mengenal penduduk dan keadaan masyarakat sekitarnya.

  1. Retret

Retret merupakan kegiatan gladi rohani terutama untuk siswa kelas XII yang akan menghadapi ujian akhir dan menentukan pilihan pendidikan atau pilhan dalam bekerja.

  1. Rekoleksi/Pembinaan Rohani

Merupakan kegiatan yang dilaksanakan khusus untuk siswa siswi kelas X dan XI dengan tujuan untuk meningkatkan nilai nilai kristiani.

  1. Character building

Bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan di kalangan para siswa agar mereka memiliki perilaku yang baik sesuai dengan harapan orang tua dan siswa.

  1. Camping akbar

Program ini bertujuan untuk menanamkan dan meningkatkan kedisiplinan, kerjasama antar siswa, mental dan mencintai lingkungan.

  1. Magang
  2. Magang Profesi Kelas XI

Magang profesi kelas XI merupakan kegiatan di luar ruangan guna mengisi waktu liburan Ujian Sekolah dan Ujian Nasional kelas XII. Kegiatan ini berupa wawancara kepada mereka yang berprofesi sesuai dengan cita-cita siswa yang akan datang. Hasil wawancara dilaporkan dalam bentuk laporan tertulis.

  1. Magang Kerja Kelas XII

Magang kerja kelas XII merupakan kegiatan luar ruangan, rencana awal kegiatan ini untuk mengisi libur akhir tahun bagi siswa yang naik ke kelas XII. Melalui kegiatan ini diharapkan tumbuh sikap dewasa anak untuk menjadi lebih bertanggung jawab, dapat menjadi bawahan atau atasan yang baik dalam organisasi maupun lebih menghargai uang yang mereka kelola.

  1. Recountre

Recountre merupakan kegiatan luar ruangan khusus siswa kelas XII yang beragama Katholik dan dipilh baik sebagai peserta maupun panitia. Kegiatan ini dikelola para biarawan OSC dan dilaksanakan di hari libur akhir tahun ajaran.

  1. Bakti Sosial

Bakti sosial adalah kegiatan yang dilaksanakan bersamaan dengan pesta Santa Maria pelindung sekolah, berupa pengumpulan dana dan sembako dari orang tua siswa dan para donatur secara suka rela untuk diberikan kepada warga kelurahan Karang Mekar yang masuk kategori Rumah Tangga Miskin (RTM). Tujuan kegiatan ini adalah menumbuhkan kepekaan sosial dalam diri siswa serta menumbuhkan semangat mau berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Selain pembagian sembako, warga pun mendapatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis yang diselenggarakan atas kerjasama antara SMA Santa Maria 3 Cimahi dengan STIKES Borromeus.

  1. Bakti Lingkungan

Bakti lingkungan adalah kegiatan yang diselenggarakan sebagai bagian dari kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Selain penyadaran pentingnya kebersihan, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan siswa terhadap lingkungan sekitarnya.

  1. Jam Wali Kelas / Parenting

Jam wali kelas merupakan kegiatan pendampingan secara klasikal wali kelas terhadap siswa asuhnya. Melalui aktivitas ini diharapkan problema bersama di dalam kelas dapat dicari pemecahannya dan  program atau kebijakan sekolah dapat disosialisasikan dengan baik. Problema siswa baik secara pribadi maupun klasikal yang menyangkut nilai akademis/hal-hal yang bersifat non akademis, dapat dicari solusinya melalui konsultasi pribadi yang waktunya disepakati pihak yang terlibat.

  1. Tata tertib Siswa

Tata tertib siswa berisi tentang peraturan, larangan, dan sanksi yang menjadi acuan bagi siswa untuk bertindak dan membawa diri sebagai warga belajar. Melalui ketaatan terhadap tata tertib sekolah diharapkan siswa dapat tumbuh menjadi manusia dewasa yang sadar akan kewajiban, hak, dan tanggung jawabnya, sekaligus sebagai bekal hidup di masyarakat yang mempunyai banyak norma dan aturan.

  1. Uji Kompetensi Akuntansi

Program ujian khusus untuk mengukur sejauh mana kemampuan Akuntansi siswa siswi SMA Santa Maria 3 Cimahi yang ditujukan khusus untuk siswa siswi kelas XII Baik IPA maupun IPS. Program ini dilaksanakan bekerja sama dengan LSK di bawah kemendikbud.

  1. TOEFL

Bekerja sama dengan Balai Bahasa UPI Bandung yang bertujuan untuk mengukur sejauh mana pengetahuan mereka tentang Bahasa Inggris sekaligus membekali mereka pengalaman mengiuti Tes TOEFL apabila mereka punya rencana untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri

  1. Career day ( Expo Perguruan Tinngi )

Sekolah mengundang berbagai Perguruan tinggi swasta untuk memberikan informasi sekitar perguruan tinggi tersebut dengan maksud supaya para siswa khususnya kelas 12 mendapatkan informasi tentang perguruan tinggi yang akan dipilih setelah lulus. Expo Perguruan tinggi tahun ini dilakukan secara live instagram 

  • Nama Kepala Sekolah yang pernah menjabat
No Nama Tahun
1 Drs.Viktorianus Tamba 1987 - 1991
2 Drs. Antonius Open Sagala 1991 - 1993
3 Drs. FX. Sugiman 1993 - 1995
4 M. Y. Ismunani B. A. 1995 - 1999
5 Drs. Aloysius Priyono 1999 - 2002
6 Badus Rusma S. Pd. 2002 - 2004
7 Drs. Yohanes Sudarto 2004 - 2005
8 Petrus V. Gunadi, S.Pd, M. Kom. 2005 - 2013
9 Dyan Cahyo Utomo Daniel, S.Pd. 2013 - 2019
10 Florentina Kristiani Setyawati, S.Ag. 2019 s/d sekarang